,,Upacara bendera hari senin,,

Mungkin bagi yang udah ga ngerasain lagi yang namanya upacara bendera terutama upacara bendera hari Senin, sempet ngerasa kangen sama suasana upacara bendera.
Kebetulan banget kosan gw sekarang tepat bgt ada di depan sekolahan SD (gw lupa nama sekolahnya apa).
Jadi bangunan sekolahan itu pas ada dibelakang kosan gw sekarang.
Tiap pagi gw suka kebangun gara2 suara anak2 SD dan bunyi bel sekolahnya,,
Suka kebangun juga sama suara ketua kelas nya yang ngasih salam sama gurunya yang baru masuk (inget kan,, Siiiiaaaapppp,Beeeerrrrii Saaaaalaaaamm!!)

Tapi yang bikin kangen yah itu,,pas mereka lagi upacara hari senin,,
Inget lah pasti,,anak2 baris sesuai dengan kelasnya trus komandan upacara ngasih instruksi klo upacara mau dimulai,,
(‘Kepada Pembina upacara, Hormaaaaaattttt Graakk!!, Tegaak Graakk!!’, ‘Lapor upacara bendera akan segera dilaksanakan, laporan selesai!’)
Hapal bgt kan tuh, gile deh, sampe mw berangkat kuliah aja gw suka dengerin dulu tuh upacaranya,,
Wuiihh bener2 kangen,,

Dulu sebel bgt yang namanya upacara,,males bgt ngikutinnya tiap hari Senin, harus panas2an baris ditengah lapangan selama kurang lebih 1 jam,,
cuma buat dengan pembacaan undang2, mengheningkan cipta, ngeliatin pemasangan bendera trus hormat sama bendera,
dengerin pembacaan Pancasila sama pembina upacaranya, pembacaan doa, dan paling males lagi dengerin pembina upacara nya pidato
(ini nih yang bikin anak2 yang dibagian belakang barisan pada ngobrol)

Duh inget bgt sama bagian itu,,
Kebetulan SMA gw (SMAN 5 BOGOR) tuh kaya kotak sabun, kecil bgt, lapangannya imut, sampe2 mau baris upacara aja kaya ngantri sembako, mempet2an..
Tapi makin padet, makin ga ketauan apa yang kita kerjain dibarisan pas upacara itu,,hehehe,,
Makanya kalo upacara gw paling males bgt baris paling depan,,ga bisa ngobrol trus becanda2,,
klo pas SMA dulu pas upacara gw selalu milih baris yang paling belakang,,tujuannya yaitu lah supaya ga ketauan kalo lagi ngobrol, trus kadang sekali2 suka ngelirik2 gebetan

Inget kan kalo barisan upacara itu yang urutannya dari yang paling pendek truuusss ke yang paling tinggi,,
kebetulan gw ga pendek2 dan tinggi2 amat ya gw sering kebagian agak belakang,,jadi pas bgt deh tuh spot gw,,
Belom lagi seragam yang dipake harus lengkap bgt,,
mulai dari topi yang harus ada tulisan sekolah nya (itu waktu gw di SD dan SMP), Bet sekolah, sepatu hitam kaos kaki putih,
kemeja dan rok ga boleh kekecilan, trus dasi,,
Kalo salah satu dari itu semua ga kita bawa,, kita ga bakal baris dikelas masing2,,pasti dipisahin sama anak2 yang bermasalah juga dan yang terlambat,,
Pas Upacara udah selesai,,pas bubaran itu yang paling seru,,pada berebutan mau ke balik kelas, kaya serbuan masa, rame bgt,,

Anggota2 upacara yang gw inget itu,,pembina upacara, komandan upacara, ajudan
(yang posisinya dibelakang pembina upacara buat ngasih buku pas pembacaan Pancasila),
Pasukan pengibar bendera (waktu SD gw takut bgt dapet tugas ini, takut pas masang bendera nya kebalik),
Dirgen, Pembawa acara (protokol), pembaca UUD, pembaca Doa

Dari Tk sampe SMA mungkin udah kenyang bgt gw yang namanya upacara,,
Tapi itu pelengkap masa sekolah,,
ga bakal seru kalo engga ada upacaranya,,
Mungkin emang seharusnya upacara bendera jangan dihapus dari kegiatan sekolah,,
itu bisa jadi sedikit tanda penghormatan kita sama pahlawan yang membela negara..

2 responses to this post.

  1. metha… ini Vika… (^^,) pa kabar Bu? kapan2 upacara bareng lagi yok… hehe..

    Reply

  2. Posted by methariandini on December 6, 2009 at 1:49 AM

    hihihih
    vika,,maaf telat bales,,
    ayo deh kita upacara lagi,,pake seragam lengkap ya,,,heheheh

    Reply

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

